PERANCANGAN DESIGN “CO FILTER” TEKNOLOGI PENYISIHAN GAS CO PADA KENDARAAN BERMOTOR DI KOTA MEDAN (Berbasis Filtrasi-Adsorpsi Menggunakan Karbon Aktif dari Ampas Kopi)

  • Darly Guntur Darris Purba
  • Azis Purnama Ginting
  • Tubagus Rayyan Fitra Sinuhaji FKPM (Forum Komunitas Peneliti Muda)
Keywords: Design, Filtrasi-Adsorpsi, Karbon Aktif, Ampas Kopi, Karbon Monoksida

Abstract

Penduduk Indonesia merupakan terbanyak nomor empat didunia dengan persentase penduduk sebesar 3,49 % dari total penduduk didunia dengan jumlah penduduk sebanyak 269 juta jiwa. Data BPS menunjukkan sebesar 146,858,759 unit pengguna kendaraan bermotor pada tahun 2018. Kebutuhan transportasi berdampak meningkatnya jumlah kendaraan bermotor sehingga bertambahnya jumlah gas buangan. Salah satunya Gas CO sulit terurai di udara dan penyebab utama penyakit pernapasan bagi manusia. Kota Medan banyak perkembangan kopi, ditandai banyaknya warung kopi berada di Kota Medan dengan 10 kg ampas kopi setiap harinya belum termanfaatkan. Tujuan penulisan ini adalah mengurangi emisi gas CO menggunakan karbon aktif. Ampas kopi dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan karbon aktif demi mengurangi gas buangan. Metode digunakan berupa; proses karbonisasi pada suhu 600 ˚C; proses aktivasi menggunakan KOH. Bertujuan membentuk pori-pori sehingga luas permukaan karbon semakin besar, berfungsi sebagai arang aktif. Prinsip karbon aktif disebut adsorpsi dimana molekul organik yang berada pada fase gas ditarik ke permukaan pori karbon aktif ketika gas tersebut melewati karbon aktif. Rancangan untuk mengurangi konsentrasi gas pada kendaraan bermotor perlu dilaksanakan, mulai dari penelitian lebih lanjut hingga implementasinya. Gagasan ini merupakan solusi untuk membantu masyarakat khususnya di daerah perkotaan dalam mengurangi kadar gas buangan kendaraan bermotor.

Published
2021-10-01
How to Cite
Purba, D., Ginting, A., & Sinuhaji, T. (2021, October 1). PERANCANGAN DESIGN “CO FILTER” TEKNOLOGI PENYISIHAN GAS CO PADA KENDARAAN BERMOTOR DI KOTA MEDAN (Berbasis Filtrasi-Adsorpsi Menggunakan Karbon Aktif dari Ampas Kopi). JURNAL PEMBANGUNAN PERKOTAAN, 9(1), 15-20. Retrieved from http://ejpp.balitbang.pemkomedan.go.id/index.php/JPP/article/view/93