PROTOTIPE ROBOT KAPAL PEMUNGUT SAMPAH SUNGAI BERBASIS ARDUINO UNO DENGAN KENDALI APLIKASI ANDROID (Studi Kasus Dinas Kebersihan Kota Medan)

  • Putri Juliyanti Purba
  • Rizaldy Khair Politeknik LP3I Medan
Keywords: Prototipe Robot Kapal, Sampah Sungai, Arduino Uno, Android

Abstract

Banjir merupakan bencana alam yang sering terjadi di banyak kota dengan skala yang berbeda beda dimana aliran air yang berlebihan merendam daratan yang biasanya kering. Banjir biasanya terjadi sebab jumlah air di danau, sungai ataupun daerah aliran air lainnya melebihi kapasitas normal akibat adanya akumulasi air hujan. Bencana banjir juga biasanya terjadi karena kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan terutama dibagian aliran air sehingga terlalu banyaknya sampah yang menumpuk di sungai yang mengakibatkan sampah tersebut menyumbat aliran air dan menyebabkan sungai tak mampu menampung air dan meluap. Untuk mengatasi hal tersebut, maka penulis merancang sebuah prototype Kapal Pemungut Sampah Sungai yang dirancang menggunakan Arduino Uno R3 dan dikendalikan oleh joystick. Terdapat servo yang berfungsi sebagai penggerak lengan kapal yang berfungsi untuk mengangkut sampah di sungai, terdapat Coreless Motor DC yang digunakan sebagai pembantu untuk menggerakkan kapal, dan terdapat output Joystick sebagai penggerak kapal seperti maju, mundur, dan berbelok. Tujuan penelitian ini yaitu di harapkan dapat menghasilkan suatu alat yang dapat membantu pihak Dinas Kebersihan agar dapat membersihkan sampah yang ada di sungai tanpa harus turun kesungai untuk memungut sampah.

Published
2021-10-01
How to Cite
Purba, P., & Khair, R. (2021, October 1). PROTOTIPE ROBOT KAPAL PEMUNGUT SAMPAH SUNGAI BERBASIS ARDUINO UNO DENGAN KENDALI APLIKASI ANDROID (Studi Kasus Dinas Kebersihan Kota Medan). JURNAL PEMBANGUNAN PERKOTAAN, 9(1), 37-40. Retrieved from http://ejpp.balitbang.pemkomedan.go.id/index.php/JPP/article/view/90