ANALISIS PEMAHAMAN WAJIB PAJAK UMKM TERHADAP KEWAJIBAN PERPAJAKAN TENTANG TARIF UMKM (Studi Kasus di Kecamatan Medan Marelan)

  • Intan Ramadhani Daulay UMSU
Keywords: Ketentuan dan Tata cara Perpajakan, PP No. 46 Tahun 2013, PP No. 23 Tahun 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui tingkat pemahaman Wajib Pajak terhadap kewajiban perpajakan tentang Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2016. (2) Mengetahui persepsi Wajib Pajak UMKM terhadap perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018. Pendekatan penelitian ini adalah 11 UMKM yang memiliki NPWP dan terdaftar di Kecamatan Medan Marelan. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu teknik sampling jenuh berjumlah 19 UMKM yang terdaftar di   Kecamatan Medan Marelan. Data dikumpulkan melalui wawancara langsung dan dengan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif.

Hasil penelitian ini adalah Pemahaman wajib pajak UMKM di Kecamatan Medan Marelan terdahap ketentuan umum dan tata cara perpajakan masih rendah. Tingkat kesadaran pelaku UMKM terhadap kewajiban perpajakan menjadi salah satu faktor penyebab tidak patuhnya dalam melaksanakan kewajiban membayar pajak. Pemahaman wajib pajak UMKM di Kecamatan Medan Marelan yang masih rendah dengan adanya Peraturan Pemerintah No. 46 Tahun 2013 atas dasar pengenaan tarif 1% dari omset bruto. Realisasi yang masih belum sepenuhnya terlaksana secara menyeluruh. Kurang sosialisasi terhadap masyarakat dan para Wajib Pajak (pelaku UMKM) menjadi salah satu faktor penghambat pelaksanaan peraturan ini begitu juga dengan peraturan pemerintah No. 23 tahun 2018 yang belum diketahui secara jelas teknis pelaksanaannya.

Published
2020-11-18
How to Cite
Daulay, I. (2020, November 18). ANALISIS PEMAHAMAN WAJIB PAJAK UMKM TERHADAP KEWAJIBAN PERPAJAKAN TENTANG TARIF UMKM (Studi Kasus di Kecamatan Medan Marelan). JURNAL PEMBANGUNAN PERKOTAAN, 8(1), 57 - 62. Retrieved from http://ejpp.balitbang.pemkomedan.go.id/index.php/JPP/article/view/75