IDENTIFIKASI KEPRIBADIAN SISWA SLTA DI KOTA MEDAN DENGAN MENERAPKAN METODE CERTAINTY FACTOR PADA SISTEM PAKAR

  • Tulus Pramita Sihaloho STIKOM Medan
Keywords: Certainty Factor, Kepribadian, Sistem Pakar

Abstract

Kepribadian sangat penting untuk peserta didik, baik itu secara perorangan maupun kelompok agar mandiri dan berkembang secra optimal, melalui berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung berdasarkan norma -norma yang berlaku. Tidak sedikit guru yang belum memahami kepribadian siswa,  dalam proses belajar mengajar beberapa guru ada yang tidak memahami kepribadian siswa  maka guru tersebut akan sulit menyampaikan materi pembelajaran yang akan menarik minat siswa yang berdampak kepada proses transfer pengetahuan menjadi terhambat.  Dari permasalahan yang telah dipaparkan sebelumnya maka diperlukanlah sebuah sistem pakar yang dapat menggantikan seorang yang ahli dibidang psikologi untuk  mengidentifikasi kepribadian siswa.  Sistem Pakar dalam penelitian ini menggunaka metode  Certainty Factor  dalam merepresentasikan pengetahuan yang didapat. Dengan menggunakan Certainty Factor  berharap dapat mengidentifikasi kepribadian siswa untuk memberikan arahan postif serta membantu mengambangkan bakat,minat dan potensi pada siswa

Published
2020-11-18
How to Cite
Sihaloho, T. (2020, November 18). IDENTIFIKASI KEPRIBADIAN SISWA SLTA DI KOTA MEDAN DENGAN MENERAPKAN METODE CERTAINTY FACTOR PADA SISTEM PAKAR. JURNAL PEMBANGUNAN PERKOTAAN, 8(1), 33 - 38. Retrieved from http://ejpp.balitbang.pemkomedan.go.id/index.php/JPP/article/view/73