PENGINAPAN-PENGINAPAN DI KOTA MEDAN (ABAD KE 19-20)

  • Lila Pelita Hati Universitas Sumatera Utara
  • Dewi Murni
  • Fitriaty Harahap
  • Nursukma Suri
Keywords: penginapan, hotel, tourist, travel bureau

Abstract

Pariwisata di Indonesia mulai menunjukkan aktivitasnya sejak tahun 1910 – 1920, yakni keluarnya keputusan Gubernur Jenderal Belanda atas pembentukan Vereneiging Tourism Verker (VTV) suatu badan atau official tourist bureau. Meningkatnya perdagangan antara dunia Eropa dengan Negara-negara di Asia termasuk di Indonesia menjadikan lalu lintas orang-orang yang berpergian dengan motif yang berbeda sesuai dengan keperluannya masing-masing meningkat.

Adanya tourist  di Indonesia atau di Kota Medan membuatnya membutuhkan dan mendirikan hotel. Sejarah penginapan dimulai pada masa kerajaan Romawi telah dibangun rumah penginapan yang disebut “MANSIONES” yang berlokasi sepanjang jalan raya utama dengan jarak masing-masing sekitar 40 KM. Kemudian selama abad pertengahan, peraturan keagamaan di Eropa memerintahkan agar dibangun tempat-tempat menginap di sepanjang jalan yang dilalui orang (road side inn). Demikian pula dengan Kota Medan mulailah didirikan Hotel Mijn de Boer dan Hotel Astoria.

Hotel Mijn de Boer (populer Hotel de Boer, atau bernama Hotel Inna Dharma Deli) adalah sebuah hotel bergaya kolonial yang terletak di Jalan Balai Kota, Medan Petisah, MedanIndonesia. Hotel dibangun tahun 1898 oleh pengusaha Belanda bernama Aeint Herman de Boer  dan pada zaman kolonial pernah dihuni oleh tamu-tamu kehormatan pemerintah Belanda dan artis-artis Barat yang terkenal, di antaranya Raja Léopold II dari Belgia dan Mata Hari, mata-mata yang terkenal.

Penelitian ini menggunakan survei atau observasi langsung ke lokasi juga dilakukan studi pustaka mengenai sejarah abad ke 19 hingga 20 tentang penginapan yang ada di Kota Medan. Adanya kajian ini membuat diketahuinya sejarah penginapan yang ada di Kota Medan pada akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20.

Published
2017-12-04
How to Cite
Hati, L., Murni, D., Harahap, F., & Suri, N. (2017, December 4). PENGINAPAN-PENGINAPAN DI KOTA MEDAN (ABAD KE 19-20). JURNAL PEMBANGUNAN PERKOTAAN, 5(2), 81-90. Retrieved from http://ejpp.balitbang.pemkomedan.go.id/index.php/JPP/article/view/6
Section
Articles