Model Strategi Daya Saing Koperasi Di Kota Medan

  • La Hanu Universitas Negeri Medan
Keywords: Human Capital, jiwa kewirausahaan, Pengalaman Bisnis dan Manajemen, Daya Saing dan Koperasi

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menemukan model daya saing koperasi di Kota Medan berbasis kewirausahaan dan secara operasional penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengidentifikasi kondisi human capital, jiwa kewirausahaan, pengalaman bisnis dan manajemen dan pengaruhnya terhadap daya saing koperasi di Kota Medan. 2). Merumuskan model daya saing koperasi di Kota Medan

Pendekatan dalam penelitian ini adalah ex post facto. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Sampel penelitian adalah pengurus koperasi di  Kota Medan sebanyak 100 orang yang diambil secara proportional random sampling dengan memperhatikan faktor wilayah atau lokasi dan faktor jenis koperasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan uji hipotesis menggunakan uji t.

Hasil analisis data untuk uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa thitung berturut-turut adalah sebesar 3,70 untuk H1, 2,19 untuk H2 dan 2,59 untuk H3 dengan signifikansi < 0,05. Hasil tersebut membuktikan bahwa : 1) terdapat pengaruh antara human capital terhadap daya saing koperasi, 2) terdapat pengaruh antara jiwa kewirausahaan terhadap daya saing koperasi dan 3) terdapat pengaruh antara pengalaman bisnis dan manajemen terhadap daya saing koperasi. Dengan demikian dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa :

  1. Terdapat pengaruh antara human capital terhadap daya saing koperasi
  2. Terdapat pengaruh antara jiwa kewirausahaan terhadap daya saing koperasi

Terdapat pengaruh antara pengalaman bisnis dan manajemen terhadap daya saing koperasi

Published
2019-02-07
How to Cite
Hanu, L. (2019, February 7). Model Strategi Daya Saing Koperasi Di Kota Medan. JURNAL PEMBANGUNAN PERKOTAAN, 6(2), 127 - 132. Retrieved from http://ejpp.balitbang.pemkomedan.go.id/index.php/JPP/article/view/52
Section
Articles