POTRET IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DI SEKOLAH DASAR KOTA MEDAN

  • Elvi Mailani Universitas Negeri Medan
Keywords: HOTS, kurikulum 2013, SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) di Sekolah Dasar kota Medan. Telah diketahui bersama bahwa penerapan Kurikulum 2013 mengisyaratkan bahwa pentingnya penerapan HOTS pada proses pembelajaran di SD. Oleh sebab itu, perlu dilakukan studi berupa penelitian untuk melihat efektivitas pelaksanaannya di SD. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan ada 2, yaitu metode deskriptif dan evaluatif. Populasi penelitian adalah seluruh SD yang ada di Kota Medan. Sampel penelitian ada 40 SD Negeri yang tersebar di seluruh kecamatan di kota Medan. Data dikumpulkan dengan menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) rata-rata tingkat keberhasilan guru dalam merumuskan perencanaan pembelajaran berbasis HOTS di SD kota Medan baru mencapai 79,46 meskipun sudah berada pada kategori Baik. (2) Rata-rata tingkat keberhasilan pelaksanaan pembelajaran berbasis HOTS secara keseluruhan berada pada 74,81% dengan kategori Cukup. (3) Rata-rata tingkat keberhasilan perumusan penilaian autentik berbasis HOTS di SD kota Medan berada pada 74,65% dengan kategori Cukup. Dengan demikian, masih diperlukan upaya perbaikan, terutama yang berhubungan dengan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian autentik pembelajaran berbasis HOTS di SD kota Medan

Published
2019-02-07
How to Cite
Mailani, E. (2019, February 7). POTRET IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DI SEKOLAH DASAR KOTA MEDAN. JURNAL PEMBANGUNAN PERKOTAAN, 6(2), 102 - 111. Retrieved from http://ejpp.balitbang.pemkomedan.go.id/index.php/JPP/article/view/47
Section
Articles