PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 2 MEDAN

  • Ulfah Khairunnisa Universitas Negeri Medan
  • Irfandi Irfandi Universitas Negeri Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum teaching berbasis
lesson study terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X SMK Negeri 2
Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan group pre test-post test design. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 2 Medan. Sampel penelitian terdiri
dari dua kelas yaitu kelas X MP-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MP-4 sebagai kelas kontrol.
Data penelitian ada dua macam yaitu tes dan observasi lesson study. Instrumen yang digunakan
untuk mengetahui hasil belajar adalah tes dalam pilihan berganda sebanyak 20 butir soal yang telah
divalidasi oleh validator. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa ada pengaruh model
pembelajaran quantum teaching berbasis lesson study terhadap hasil belajar siswa pada materi
pokok listrik dinamis di kelas X SMK Negeri 2 Medan.

Published
2018-07-18
How to Cite
Khairunnisa, U., & Irfandi, I. (2018, July 18). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 2 MEDAN. JURNAL PEMBANGUNAN PERKOTAAN, 6(1), 30-34. Retrieved from http://ejpp.balitbang.pemkomedan.go.id/index.php/JPP/article/view/33
Section
Articles