PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK DI KELAS X SEMESTER II SMA KEBANGSAAN MEDAN

  • Dede Parsaoran Damanik Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Group
Investigation Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Pokok Gelombang Elektromagnetik Di
Kelas X Semester II SMA Kebangsaan Medan TP. 2015/2016.
Jenis penelitian adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas X SMA
Kebangsaan Medan TP. 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X-1
sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Group
Investigation dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang diajar dengan Model Pembelajaran Langsung
dengan jumlah siswa masing-masing 33 orang yang dipilih secara cluster random sampling ( secara
acak). Instrumen penelitian adalah tes yang berbentuk pilihan berganda, dengan jumlah 20 soal yang
sebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya
pembeda. Sebelum melakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan
homogenitas data. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen
dan berdistribusi normal.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 42,87 dengan standar
deviasi 8,75 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol sebesar 41,36 dengan standar deviasi 8,31. Dari
hasil uji kemampuan awal diperoleh thitung = 0,74 dan ttabel = 1,99. Karena thitung < ttabel, hal ini
menunjukkan kemampuan awal kedua kelas sama. Kemudian diberi perlakuan pembelajaran yang
berbeda. Setelah pembelajaran berakhir, dilakukan postes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen
sebesar 77,87 dengan standar deviasi 9,01 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 62,57 dengan
standar deviasi 9,36. Dari hasil uji kemampuan akhir diperoleh thitung = 6,95 dan ttabel = pada
taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = 64. Karena thitung > ttabel, hal ini menunjukkan ada pengaruh
kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation
terhadap hasil belajar fisika pada materi Pokok Gelombang Elektromagnetik Di Kelas X Semester II
SMA Kebangsaan Medan TP. 2015/2016.

Published
2018-07-30
How to Cite
Damanik, D. (2018, July 30). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK DI KELAS X SEMESTER II SMA KEBANGSAAN MEDAN. JURNAL PEMBANGUNAN PERKOTAAN, 6(1), 59-62. Retrieved from http://ejpp.balitbang.pemkomedan.go.id/index.php/JPP/article/view/32
Section
Articles