MOVING KELAS STRATEGI YANG EFEKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK

  • Rivai Simanjuntak
Keywords: Moving Kelas, Motivasi Belajar

Abstract

Moving kelas atau kelas bergerak/ berpindah adalah suatu strategi pembelajaran yang diciptakan untuk menjadikan siswa lebih termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran, dimana siswa aka semakin aktif, inovatif dan lebih kreatif. System pembelajaran moving kelas siswa akan mendatangi guru di dalam kelas, bukan sebaliknya seperti yang dilakukan biasanya yaitu guru yang mendatangi siswa di dalam kelas. Lewat strategi ini, para siswa peserta didik dapat menciptakan suasana yang lebih kondusif dalam mengikuti pembelajaran. Proses pembelajaran akan kelihatan lebih serius dan lebih aktif pada siswa, artinya bahwa siswalah yang lebih aktif mendatangi gurunya di dalam kelas yang selama ini jarang dan bahkan tidak pernah dilaksanakan di sekolah menengah kejuruan, kecuali hanya terjadi pada mata pelajaran produktif atau kejuruan.

Motivasi belajar siswa adalah suatu kekuatan potensial yang ada dalam diri siswa tersebut dan memiliki keinginan atau kebutuhan yang melatarbelakanginya sehingga dia terdorong untuk belajar dalam meraih cita-citanya. Hal ini ditandai dengan: (1) kreatif dalam belajar; (2) bertanggungjawab dalam tugas; (3) kualitas hasil pekerjaan yang memuaskan; (4) menyenagi tugas yang menantang; dan (5). ketekunan dalam bekerja.

 

 

Published
2017-12-11
How to Cite
Simanjuntak, R. (2017, December 11). MOVING KELAS STRATEGI YANG EFEKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK. JURNAL PEMBANGUNAN PERKOTAAN, 5(2), 96-102. Retrieved from http://ejpp.balitbang.pemkomedan.go.id/index.php/JPP/article/view/14
Section
Articles