STRATEGI PROMOSI INVESTASI UNTUK MEWUJUDKAN VISI DAN MISI PEMERINTAH KOTA MEDAN 2021-2024

  • Bergman Siahaan Pemerintah Kota Medan
Keywords: Penanaman Modal, Promosi, Kebijakan Publik

Abstract

Dalam persaingan regional yang semakin terbuka, pemerintah daerah perlu berkreasi meningkatkan pemasaran daerahnya. Salah satu bentuk pemasaran adalah promosi. Pemerintah pusat melalui Lembaga Kementerian dan Non Kementerian mencanangkan kegiatan promosi dalam strategi untuk mencapai tujuan sesuai bidang tugasnya tak terkecuali bidang investasi. Sebagai negara kesatuan, pemerintah daerah pun harus menerjemahkan arah kebijakan secara berjenjang, mulai dari tingkat nasional hingga ke organisasi perangkat daerah. Penelitian ini mengidentifikasi tantangan promosi investasi kemudian menggunakan tinjauan literatur untuk merancang strategi promosi investasi dalam rangka mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kota Medan Tahun 2021-2024. Penelitian ini menunjukkan spektrum promosi yang masih punya ruang luas untuk dikembangkan selain ekshibisi. Ragam kegiatan promosi lebih efektif jika dilaksanakan sesuai hasil segmentasi target. Kolaborasi menjadi masalah sekaligus solusi dalam meningkatkan efektivitas promosi investasi. Sementara Pandemi COVID-19 secara tidak sengaja mendorong percepatan implementasi e-government termasuk dalam kegiatan promosi investasi.

Published
2021-10-01
How to Cite
Siahaan, B. (2021, October 1). STRATEGI PROMOSI INVESTASI UNTUK MEWUJUDKAN VISI DAN MISI PEMERINTAH KOTA MEDAN 2021-2024. JURNAL PEMBANGUNAN PERKOTAAN, 9(1), 53-58. Retrieved from http://ejpp.balitbang.pemkomedan.go.id/index.php/JPP/article/view/109